SUNNAH-SUNNAH BANGUN TIDUR

Mari tanyakan kepada diri kita masing-masing,seberapa besarkah cinta kita kepada Baginda Nabi?Apakah prioritas cinta kita sudah sesuai dengan yang diperintahkan? Derajad kecintaan yang paling utama adalah cinta kepada Allah dan cinta kepada Nabi. Sudah seharusnya kita sebagai ummatnya Baginda Nabi harus mengikuti beliau,dengan jalan selalu menghidupkan sunnah – sunnah dari beliau. Saat ini sunnah – sunnah Baginda Nabi telah banyak ditinggalkan,padahal jika kita mau bersungguh – sungguh dalam mengamalkan setiap sunnah,maka pahala yang akan kita dapat. Masyarakat harus dijelaskan akan pentingnya sunnah tersebut,harus kita ingat bahwa sunnah tidak hanya terdapat pada ritual-ritual ibadah kita,sunnah nabi dalam hal – hal kehidupan kita sehari – hari juga banyak sekali. Untuk itu saya mencoba menuliskan sunnah – sunnah nabi secara bertahap dari mulai kita bangun tidur hinga akan tidur kembali.

SUNNAH – SUNNAH KETIKA BANGUN TIDUR

1. Mengusap bekas tidur dari muka Hal ini sesuai dengan Hadist : “Rasulullah SAW bangun tidur,lalu beliau duduk seraya mengusap bekas tidurnya dari wajahnya dengan kedua tangannya”. ( HR.Muslim )

 

2. Berdoa Doa ketika bangun tidur : “ Alhamdulillaahillazdi akhyaanaa ba’da maa amaatanaa wailaihinnuzuuru”

 

3. Bersiwak Hal ini sesuai dengan Hadist : “ Rasulullah SAW ketika bangun tidur pada malam hari,beliau menggosok mulutnya dengan siwak”.( Muttafaq’alaih )

 

4. Beristintsar ( menghirup air ke dalam hidung dan mengeluarkannya kembali ) Hal ini sesuai dengan Hadist : “ Apabila diantara kalian bangun dari tidurnya,hendaknya ia beristintsar 3 kali, karena syaitan bermalam di rongga hidungnya”.( Muttafaq’alaih )

 

5. Membasuh kedua tangan 3 kali Hal ini sesuai dengan Hadist : “ Apabila diantara kalian bangun tidur,jangan mencelupkan tangannya ke dalam bejana sebelum mambasuhnya 3 kali..” ( Muttafaq’alaih )

 

Semoga Bermanfaat

1 komentar:

ismail_faruqi mengatakan...

Alhamdulillah setelah sy membaca dan memahami bacaan di atas, sy merasa tenang dan segar sewaktu bangun dr tidur.. Terima kasih atas Pemberitahuan nya, Semoga dpt Berguna bagi semua orang di dunia...!!!